icon

APK Installer

0.1.5 untuk
Android

4.5

49

Instal dan buat cadangan aplikasi Anda apa pun formatnya

79.1k

Nilai Aplikasi ini

APK installer adalah sebuah alat gratis yang memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi Android yang menggunakan format yang tidak terdeteksi oleh paket instalasi bawaan dalam sistem operasi. Ini menggunakan paket XAPK standar untuk mendukung sistem distribusi APK baru yang digunakan oleh Google, juga disebut sebagai Split APK.

Aplikasi ini berjalan dengan keduanya, sehingga Anda bebas membuat cadangan untuk aplikasi yang sudah ada dan menginstal salinan privat pada smartphone, apa pun format paketnya. APK Installer mencakup dua fitur:

■ Pencarian otomatis untuk semua aplikasi yang terinstal pada Android Anda dan membuat salinan cadangannya.

■ Menginstal APK atau XAPK apa saja pada memori smartphone Anda dan lupakan semua struktur internalnya: cari, instal dan selesai!

■ Jelajahi folder pada smartphone Anda menggunakan pencari file terintegrasi.

Cara untuk menginstal dan mengunduh aplikasi telah berubah seiring berjalannya waktu. Belum lama ini, untuk menginstal sebuah aplikasi yang mencakup APK eksternal cukup dengan mengeklik dan membiarkan paket instalasi yang ada pada bawaan Android melakukan sisanya. Semua berjalan dengan demikian sampai hadirnya standar lain yang menambahkan kompleksitas pada prosesnya.

Data .OBB (sebuah file yang mencakup file multimedia ekstra di dalam aplikasi seperti video atau audio) nyatanya menjadi cara untuk melampaui ukuran maksimal yang diizinkan Google untuk mengunggah APK pada platformnya. Hal tersebut mempersulit saat penginstalan aplikasi secara manual karena harus menginstal file tambahannya secara terpisah di dalam folder khusus dalam perangkat. Solusi terbaiknya adalah untuk menambahkan APK dan data OBB ke dalam file yang sama dan menginstalnya dengan sebuah alat eksternal. Dari situlah standar XAPK lahir.

Kemudian Google mulai menggunakan sebuah sistem distribusi yang dinamis, disebut dengan Android App Bundle. Saat pengembang merilis sebuah aplikasi pada Google Play, aplikasi tersebut akan "dibagi" ke dalam beberapa bagian yang disebut split-APK. Mulai sejak itu, banyak aplikasi yang mencakup APK dasar dan beberapa informasi yang terkait dengan bahasa dari aplikasi, dimensi layar yang didukung, dan arsitektur CPU yang dibutuhkan. Kemudian, saat pengguna mengunduh aplikasi, mereka hanya menginstal "bagian" yang dibutuhkan aplikasi untuk bekerja dengan baik pada perangkatnya masing-masing, menghemat bandwidth dan biaya untuk kedua belah pihak, pengguna dan platform pendistribusi yang bersangkutan.

Objektif utama APK Installer adalah untuk memungkinkan pengguna terus menginstal aplikasi Android secara manual tanpa harus repot mencari tahu format file dan folder destinasinya. Saat membuat cadangan, aplikasi akan menyatukan semua file tersebut (APK + split-APK + OBB jika ada) ke dalam sebuah file XAPK. Kemudian, saat Anda menginstal salinan privat dari aplikasi, Anda hanya perlu mencari satu file dan menginstalnya tanpa harus memikirkan format dan standarnya.
X